Selasa, 21 April 2009

Opera cake ala The Harvest



Dalam rangka ulang tahun "Bojo" ku..dan pengen nyobain "Opera Cake" tapi yang gampang dan enak...buka -buka majalah Femina nemu resep ini...coba ah...ternyata bikinnya gampang...cuma rada ribet.ini. .tampilannya
Bahan:
SPonge coklat
4 kuning telur ayam
2 putih telur
100 gram gula pasir berbutir halus
75 gram tepung terigu
1/2 st baking powder
50 gram coklat bubuk, larutkan dengan 2 sdm air panas
25 ml air
25 gram mentega , cairkan( aku pake butter)

Sponge Putih
8 kuning telur ayam
3 putih telur ayam
200 gram gula pasir berbutir halus
50 ml air
50 gram mentega dicairkan (aku pake butter)
200 gram tepung terigu ayak bersama
1 sdt baking powder

Ganache , aduk hingga halus
300 gram coklat masak , cincang lelehkan
150 gram krim kental, hangatkan

Krim kopi, kocok hingga lembut
200 gram gula bubuk
300 gram mentega
1 sdt kopi instant, larutkan dengan sedikit air

Sirop kopi
100 ml air
1/2 sdt kopi instant

Coklat galze
100 gram coklat masak , cincang lelehkan
100 ml krim kental

CARA MEMBUAT
Sponge coklat
: kocok semua telur dan gula hingga kaku, masukkan terigu , aduk rata, tambahkan mentega leleh , aduk rata kembali, tuang kedalam loyang ukuran 20x20x3 cm, panggang dalam oven panas 180 derajat selama 20 menit hingga matang. angkat dan dinginkan.
Sponge Putih: sama dengan sponge coklat , tuang adonan kedalam 2 buah loyang ukuran 20x20x3 cm panggang dalam oven panas 180 derajat selama 20 menit hingga matang. angkat dan dinginkan.
Penyelesaian:Letakkan Sponge coklat didasar loyang, tuang 1/2 bagian krim kopi , ratakan , tutup dengan 1 buah sponge putih, basahi dengan sirop kopi hingga lembab, tambahkan genache ratakan .tutup kembali dengan sponge putih, basahi dengan sirop kopi hingga lembab, olesi dengan krim kopi , ratakan. Simpan dalam kulkas 2 jam. siram dengan coklat glaze.
"Kalau aku kayaknya penyelesaiannya : Letakkan Sponge coklat didasar loyang, tambahkan genace, tutup dengan 1 buah sponge putih, basahi dengan sirop kopi hingga lembab, tuang 1/2 bagian krim kopi, tutup kembali dengan sponge coklat, ulangi lagi seperti tadi, terakhir siram dengan coklat glaze, dan pada pinggiran aku tempelkan coklat yang telah dimodel"

Tidak ada komentar: