Minggu, 24 April 2011

Bolu gulung meranti

Kalo makan bolu gulung meranti ini biasanya nunggu oleh-oleh dari yang balik dari medan, tapi udah lama gak ada yang bawain oleh oleh ini...( he..he.. ngarep mode on) mau bikin takut- takut..soalnya pernah bikin bolu gulung eh permukaannya nempel semua di kertas padahal udah dikasih tipsnya katanya kertas rotinya ditaburi gula bubuk putih dulu...ternyata sekarang sudah tau tipsnya ( ada dibawah ya ) kemarin malem-malem punya ide bikin snack bawaan untuk si kecil bolu gulung aja , isinya juga tergantung permintaan si kecil, jadi isinya dibikin 2, yang satu coklat yang satu lagi butter cream keju...wuuuiiih rasanya udah mirip dech sama yang bolu asli medan itu...enakk lembut dan gak seret....

Resep Bolu Gulung Meranti

Resep Asli Hadi Tuwendi

Ingredients:
Bahan A
6 butir kuning telur
5 telur
125 gr gula pasir
10 gr emulsifier
20 gr susu bubuk
100 gr terigu
1 gr Baking powder
1 sdm air

Cairkan :
100 gr mentega
25 gr butter
1 sdm rhum bakar / vanilla flavour

Directions:
Kocok semua bahan A sampai mengembang (bila menggunakan mixer guedi -signora/kenwood, etc).
Lalu masukkan mentega cair
Bila menggunakan hand mixer, kocok telur dan gula, emulsifier sampai mengembang, masukkan air.
Tambahkan campuran terigu BP dan susu bubuk. Masukkan mentega cair

Panggang di loyang 28x28 atau 30x30 dengan suhu 180C selama 10-15 menit tergantung oven
kemarin aku pakai loyang 22x22 , jadi 2 loyang ...

Penyelesaian :
Keluarkan bolu gulung dari oven, kemudian balikkan diatas kertas , segera gulung panas-panas, diamkan sampai benar-benar dingin.

Ambil bolu yang telah digulung , dibuka kembali gulungannya, oleskan butter cream, taburkan keju parut, gulung kembali simpan dalam kulkas dulu hingga set gulungannya.


Tips:
Pada saat memanggang letakkan adonan bolu gulung di rak tengah oven, sesaat sebelum matang pindahkan loyang pada rak paling atas tunggu hingga permukaan adonan kering betul karena kalau tidak kering menyebabkan adonan bolu gulung saat digulung permukaannya lepas semua.

Tidak ada komentar: