Minggu, 30 November 2014

Kue Pukis Banyumas


Kue pukis merupakan kue favorit tradisional di keluarga. Selama ini karena gak punya cetakan kue pukis jadi kalau bikin pakai cetakan kue lumpur, nah kemarin dibawain cetakan sama mbakku tercinta yang belinya di Jogja.Langsung dech buatlah kue pukis. Biasanya kalau bikin pakai resep yang sudah biasa aku bikin punya mba Ricke, tapi nyobain resep mba Rina Rinso yang judulnya Kue Pukis Banyumas, mau tau juga bedanya. Ternyata Kue Pukis Banyumas lebih lembut..mungkin karena penggunaan tepung dengan tepung protein sedang dan penggunaan margarine yang lebih banyak.Aku sendiri suka keduanya sich, tapi orang di rumah lebih suka resep ini...sekarang tergantung selera aja dech.
Resep aslinya bisa liat di blognya mba Rina Rinso. Resep dibawah ini yang sudah ku modifikasi sedikit, aku bikin hanya 2/3 dari resep aslinya. Ini aja jadinya banyak banget.

Kue Pukis Banyumas

Resep Mba Rina Rinso (Modifikasi oleh Yeni)


Bahan :

2 butir telur
150 gr gula pasir
250 gr terigu segitiga
1/2 sdt emulsifier ( SP Ryoto)
1/4 bungkus ragi instan
1/2 sdt vanili bubuk
375 ml Santan ml ( santan instan)
1/4 sdt garam
2 lembar daun jeruk purut (skip)
1/4 kaleng susu kental manis
100 gr blueband
15 gr wijsman


Cara membuat (menyesuaikan dengan gambar foto di bawah ya)

1. Rebus santan dengan daun jeruk nipis dan garam sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat suam-suam kuku dan siap digunakan.
 (aku pakai santan instan + air hangat)
2-3. Kocok telur dan gula dan emulsifier hingga mengembang, kemudian masukkan bahan kering (terigu, ragi, dan vanila bubuk) dan santan hangat ke dalam adonan kocokan telur, secara bergantian.

4. Setelah itu masukkan belueband dan wijsman yang sudah dicairkan. Kemudian diamkan selama 1 jam.

5. Setelah 1 jam adonan akan mengembang.

6. Bagia adonan menjadi 2 bagian, salah satunya beri 1 sdm cokelat bubuk.

7-8. Panaskan cetakan langsung di atas kompor tidak perlu alas. Setelah cukup panas masukkan adonan cokelat kemudian putih hingga 3/4 tinggi cetakan.

9. Tutup cetakan dan biarkan hingga matang.

10. Pukisnya sudah matang

11. Pukis yg masih panas masih lembut dan mudah penyet, jadi sebaiknya letakkan pukis di tempat yg datar supaya bentuknya tetap cantik.

NB : Untuk isiannya selain coklat, aku kasih keju dan juga pisang.




Tidak ada komentar: