Selasa, 18 Agustus 2009

Donat ala J CO


Senangnya hari ini..pucuk di cinta ulam tiba he..he...Ceritanya gini, udah lama pengen banget bikin-bikin jenis roti-rotian tapi apa daya gak punya mixer yang bisa bikin beginian, itu aja dirumah punyanya cuma mixer Miyako yang setia nememin hobby ku di dapur dan terakhir gak bisa muter karena waktu bikin “Donat Kentang” tiba-tiba hiks..hiks dah gak bisa nyala lagi , sekarang udah RIP itu mixer hi..hi...Pengen beli mixer yang gede model Bosch or Kitchen aid kok ya belum rela ,karena masih sekedar hobby...Eh ndilalah..ngobrol sama adik iparku yang baru datang dari Makassar , ternyata dia punya mixer bosch dan dia ngijinin untuk dipake , karena dia jarang banget pake..wah langsung dech semaleman gak bisa tidur ngebayangin itu mixer bakal ada dirumah he..he...trus paginya langsung maksaiin my hubby nganterin ke rumah adikku. Itu mixer ditaruh di jok belakang sambil minta mbaknya si JJ jagain , jangan sampe tangan di JJ ngegelatak.
Sampe rumah setelah kluyuran di Mall ( padahal dah malem) bela-belain in timbang-timbang sendian ( padahal para mbak lagi keluar alias pada jalan-jalan). Rencana yang pertama bikin Donat J CO ( karena paling malesss bikin ginian, kebanyakan gagalnya ). Dah siap bahan ditimbang, tinggal cemplang-cemplung puter mixer, biarkan adonan kalis...tarrra, adonan sebentar aja udah kalis , cepet banget dan gak cape , ini aja bikin sambil leha-leha nonton TV and ngeteh.
Beneran lho baru kali ini bikin donat jadi...wiiih rasanya seneng banget..trus topping nya cuma kasih keju and coklat doang, secara dah malem , mau ngencerin DCC and almond dah males. Ini sebagian foto yang tersisa di ambil pake Camera sementara donat yang lainnya habis masuk ke mulut he..he...beneran lho donatnya empuk banget.
Aku bikin 1/2 resep
Donut ala Jco

Bahan A :
850 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
11 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung "cakra", kurangi 75 - 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit di wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lebih kurang 10 menit. Istirahatkan di wadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lebih kurang 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Source : NCC Cooking Show-Lezat


katanya sisa-sisa adonan yang udah digilas gak boleh digils ulang lagi, jadi aku goreng seadanya, jadi ada yg bentuknya bulat2 ada yg bentuknya kayak daun.He..he..

Tidak ada komentar: