Kamis, 28 April 2011

Chocolate molten



Belum pernah makan Molten chocolate cake, tapi berhubung kemarin ada coklat Valrhona yang enaaakkkk itu, jadi pengen bikin makanan yang enak. Ternyata beneran enaaakkk banget. Ada banyak resep Molten chocolate cake, tapi aku putusin pake resep dibawah ini, kayaknya lebih lembut dan beneren loh...lembut banget...duh makannya sampai dieman-eman...


molten chocolate cake by armand tanorie ( adaptation by singapore lifestyle magazine)

bahan:
125g coklat masak yang bagus ( yeni pakai Valrhona)
125g mentega, saya pake wijzman.
2 telur plus ekstra 2 kuning telur (jadi total perlu 4 telur yah)
4 sdm tepung gula
2 sdm tepung terigu, saya pake segitiga biru.
1 sdt parutan kulit lemon segar
1 tutup botol rhum myers's ( optional )
ekstra mentega dan tepung dan bubuk coklat droste untuk membedaki cetakan.

cara:
1. panaskan oven 400F (200C)
2. siapkan cetakan2 cup alumunium foil yang bisa beli di supermarket. ukuran yg kira2 diameter 75mm, tinggi 35mm. dengan ukuran ini, adonan di atas jadi 7 cup kue.
oleskan mentega pada cetakan. bedaki dengan bubuk coklat, lalu bedaki tepung, ketuk2 supaya kelebihan tepungnya keluar. ulangi oleskan mentega dan bedaki tepung sekali lagi, ketuk2 supaya kelebihannya keluar. kenapa pakai bubuk coklat, hanya supaya tampilannya nanti berwarna coklat. kalo hanya pake tepung nanti jadi keliatan putih2. ga bagus aja. rasa sih ga ngaruh.
3. panaskan mentega dan coklat samapai pas coklat mau meleleh. pada resepnya pake bain-marie (dipanaskan pada wadah di atas air mendidih). saya sih di-microwave aja, tapi diawasi, sampai menteganya aja meleleh, ga perlu sampai coklatnya meleleh.
4. mixer gula dan telur sampai putih dan kaku. mixernya hi speed.
5. mixer pelan mentega-coklat tadi supaya kecampur jadi satu, masukkan ke adonan gula-telur, mixer sebentar sampai kecampur aja.
6. masukkan tepung, mixer pelan sebentar asal sampai kecampur aja.
7. masukkan parutan kulit lemon dan rhum, mixer pelan sebentar aja asal kecampur.
8. tuang ke cetakan2.
9. panggang kira2 7 menit. perlu coba2 saat memanggang ini, karena tiap oven sebenarnya pergerakan panasnya lain2. konsepnya adalah, oven harus panas agar adonan matang di luar tapi mentah di dalam. bagian luar harus cukup matang sehingga bisa dikeluarkan dari cetakan tanpa pecah, isinya tumpah keluar, artinya sudah terbentuk ketebalan bagian luar kue yang cukup kuat (1cm kira2). 7 menit itu bila saya pakai oven gas di rumah. pernah di rumah teman yang pake oven listrik perlu 10menit, pernah dengan oven listrik yang lebih kecil, perlu 12-15mnt.

setelah matang, balik cetakan di piring kecil, angkat pelan2 dari satu sudut, kadang2 sedikit diketuk, supaya kue lepas. bila pengolesan cetakannya bagus, lepasnya gampang. bisa2 waktu cetakan dibalik, kuenya udah jatuh duluan, itu sebabnya, sebaiknya piring yang dibalik di atas kue, lalu secara bersamaan dibalik. baru pelan2 cetakan diangkat.

sajikan dengan 1 scoop eskrim vanilla.

2 komentar:

Aileen mengatakan...

hai mbak.. boleh tanya di mana beli coklat valrhona nya? :) makasih yaaaa

yeniaditya mengatakan...

kemarin chocolate valrhona nya dapat dari teman, mba lokasinya dimana ? kalau di jakarta kemarin tanya di TBk Titan (fatmawati-jakarta) ada kok.