Kamis, 19 Agustus 2010

KEMBANG GOYANG


Teringat kembang goyang ini, karena dulu banget jaman kecil kalau pas lebaran berkunjung ke rumah tetangga nyokap yang orang betawi asli, pasti ada jajanan ini...jadi kesempatan dech kalau pas bertamu...he..he...dan biasanya setelah berkunjung dibawain pulang....,

2 btr Telur
125 gram Tepung terigu
125 gram Tepung kanji
180 ml Air
80 gram Gula halus
1/2 sdt Garam
25 gram Wijen wijen hitam ( ini kreasi ku sendiri , aslinya gak ada)
Minyak goreng 1 liter

Cara Membuatnya :
Campurkan tepung terigu, kanji, kocokan telur, gula dan garam kemudian aduk rata Setelah itu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang licin tidak berbintil baru, kemudian saring , baru masukkan wijen hitam dan sisihkan.
Panaskan cetakan kembang goyang di dalam minyak panas. Lalu celupkan cetakan ke dalam adonan, tetapi jangan sampai menutupi pinggir atas cetakan karena kue menjadi susah lepas
Angkat cetakan dari adonan lalu celupkan kembali cetakan dalam minyak panas. Goreng dengan api kecil sambil cetakan digoyang-goyang hingga kue terlepas. Balik-balik kue agar matangnya rata. Setelah kue berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan hingga dingin.( kalau bisa taruh di tissue kue dulu agar minyaknya terserap di tissue ) Lakukan hingga adonan habis.
Simpan KEmbang Goyang dalam toples kedap udara dan kembang goyang siap untuk
dinikmati ataupun dipasarkan.

Note: Cetakan kembang goyang jangan terlalu panas , karena adonan akan jatuh langsung, sedangkan bila cetakan tidak panas tidak akan menempel pada cetakan.Jadi pastikan sedang2 saja.

Tidak ada komentar: