Minggu, 15 Desember 2013

Serabi Kinca

Kalau jalan-jalan ke Bandung, Bogor atau di daerah Sumatra Barat ada makanan Serabi ini. Kudapan ini enak dimakan dalam keadaan dingin atau hangat, tapi kalau udara mendung lebih baik dimakan dalam keadaan hangat. Aku sendiri lebih senang makan ketika kuah kincanya hangat dan serabi baru diangkat dari tungkunya dan bau-bau sengit....ha..ha...
Mula-mula tanya resep serabi ini sama ibu mertua dan diajarin tehnik bikin serabi, tapi cara mertua ini bikin tangan pegal semua...ha..ha..., gimana gak pegal, adonan harus diadonin lama banget , dikeplok-keplok pake tangan......katanya supaya timbul serat nya. Hampir kapok dech bikin serabi ini, ...tapi pas buat lagi, cara-cara ibu mertua gak dipakai, tapi resep tetap dipakai, setelah diaduk pake whisk sampai benar-benar adonan halus, lalu diamkan saja...ternyata tetap berserat...horay, jadi tehniknya diamkan adonan, kemudian pada saat memanggangnya pakai api yang sedang dan ditutup, sehingga panas merata .

Bahan serabi

250 gram terigu
2 butir telur
500 ml santan ( aku pakai santan instan 300 ml + air 200 ml)
1/2 sdt garam
15 duan suji+5 daun pandan+50ml air blender dan saring , sebagai pewarna hijau


Cara membuat serabi
1. Masukkan tepung terigu, telur dan garam dalam wadah, aduk sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga adonan rata dan halus.
2. Diamkan adonan hingga 15 menit, aduk lagi.
3. Siapkan cetakan serabi ( pakai cetakan Tanah liat ) dan panaskan diatas kompor dengan api sedang, jangan oles cetakan dengan minyak.
4. Tuang adonan dan tutup , tunggu hingga adonan matang.
5. Angkat adonan dan hidangkan dengan kuah kinca


Kuah kinca
300 ml santan
30 gram gula merah
45 gram  gula pasir
2 lb daun pandan
1/2 sdt garam

Cara buat kuah kinca

campur semua adonan , aduk hingga matang , angkat dan saring.

Siap dihidangkan dengan serabi.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hi kak...mau numpang tanya dunk ini pewarnanya ga ditambah pewarna kann??abiss cantikkk bgt...trs kl pake daun suji segitu jadinyaa ga bau daunn kann??? Thx

yeniaditya mengatakan...

Ini pewarnanya asli, kebetulan dihalaman ada tanaman daun suji+pandan. Jadi tinggal Petik, cuci, tambah air sedikit,langsung blender. Kalau mau baunya lebih harum daun pandannya dibanyakin aja.