Rabu, 11 Juni 2014

Yazai Gyoza (Pangsit Jepang Isi Sayuran)

 

 





Kalau di Jepang ada satu kota yang terkenal dengan Gyoza nya , yaitu Utsunomiya , posisinya sekitar 100 km dari Tokyo . Disana sangat terkenal dengan Gyoza Isi Sayuran , tidak seperti kebanyakan daerah yang Gyoza nya berisi daging dan sayur. Penduduk Utsunomiya termasuk terbesar di Jepang yang mengkonsumsi Gyoza. Hampir semua Restoran di Utsunomiya menyajikan Gyoza. So kita coba yuuk rasa Gyozanya kayak apa...yang jelas menyehatkan. Resep ini aku ambil dari NHK world Radio Japan.Gyoza ini cocok banget untuk Vegetarian atau yang mencoba mengurangi Protein Hewani dalam menu masakannya.

 

 

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Untuk membuat adonan
・1,5 cup tepung terigu
・80-90 ml air mendidih

Untuk isi sayuran
・300 g kubis
・30 g kucai (jika tidak tersedia bisa digantikan dengan daun bawang)
・1 ruas kecil jahe (panjang sekitar 2-3 cm)
・1 siung bawang putih- cincang halus
・1/4 sendok teh garam

Untuk bumbu isi
・1 sendok makan kecap asin
・1/4 sendok teh garam
・2 sendok teh minyak wijen
・lada secukupnya
・1/2 sendok teh gula

Bahan-bahan lainnya
・3 sendok teh minyak sayur untuk menumis

Untuk saus celupan ( Atau Saos Tempura - juga boleh)
・2 sendok makan kecap asin
・2 sendok makan cuka beras
 

Cara Memasak

  1. Letakkan tepung dalam mangkuk yang besar. Masukkan 80-90 ml air mendidih dan aduk dengan sepasang sumpit atau sendok.
  2. Gunakan tangan untuk mencampur adonan. Bentuk menjadi bola dan pindahkan ke papan giling. Remas-remas adonan selama sekitar 2-3 menit hingga adonan jadi agak lentur.
  3. Bungkus adonan dalam plastik atau letakkan dalam kantung plastik dan biarkan selama sekitar 30 menit. Setelahnya adonan akan terasa lentur dan tidak lengket di jari-jari.
  4. Saat adonannya dibiarkan, siapkan bahan-bahan untuk membuat isinya. Cacah halus kubis, letakkan dalam mangkuk dan campur dengan 1/4 sendok teh garam. Biarkan selama 5-6 menit.
  5. Cacah halus kucainya. Kupas dan parut jahe dan bawang putih.
  6. Begitu kubisnya sudah lunak karena garam, bungkus dengan lap dan peras perlahan untuk menghilangkan kelembabannya. Kembalikan ke dalam mangkuk dan tambahkan cacahan kucai, parutan jahe dan bawang putih, serta 1 sendok makan kecap asin, 1/4 sendok teh garam, 2 sendok teh minyak wijen, sedikit lada, dan 1/2 sendok teh gula. Aduk dengan baik.
  7. Setelah adonannya didiamkan 30 menit, gulung lonjong sepanjang 20 cm. Potong menjadi 20 bagian yang sama besar, tiap bagian ukuran panjangnya sekitar 1 cm.
  8. Taburi sedikit tepung terigu pada setiap potongan. Gunakan jempol untuk membentuk adonan menjadi bentuk lempengan bundar atau lingkaran berdiameter 5-6 cm. Gunakan penggilas adonan untuk menggiling setiap bagian menjadi lempengan yang lebih tipis dengan diameter 9 cm.
  9. Satu-satu, letakkan lempengan adonan di satu tangan, dan letakkan 2 sendok makan penuh isi di tengah adonan. Angkat tepi sekitar sepertiga lempengan yang dekat dengan kita. Lalu angkat tepi sisi yang lain dan lipat untuk membungkus isi. Tekan-tekan tepinya, buat 5 wiru kecil & vertikal. Pangsitnya harus menyerupai kantung bentuk bulan sabit kecil.
  10. Panaskan panci penggorengan. Lapisi dasar penggorengan dengan 1 sendok teh minyak goreng, dan letakkan pangsit dengan wiru menghadap ke atas. Goreng dengan api sedang.
  11. Saat bagian bawah pangsit berubah coklat keemasan, masukkan 1 cawan air mendidih, lalu segera tutup panci penggorengannya, dan rebus pangsit selama 6-7 menit.
  12. Buka penutup dan miringkan panci di atas api besar hingga kelembaban yang ada akan menguap. Saat kelembaban hampir habis, tambahkan 2 sendok teh minyak sayur lagi dan goreng sebentar hingga garing.
  13. Susun pangsit di atas piring. Hidangan bisa disajikan dengan saus celupan yang dibuat dengan mencampur 2 sendok makan kecap asin dengan 2 sendok makan cuka beras.

Tidak ada komentar: