Selasa, 29 Maret 2011

Pempek


Pempek termasuk salah satu makanan favourite dirumah, hampir semua orang rumah suka. Biasanya kita beli di daerah JL Garuda kemayoran yang terkenal TOP BGT, tapi kemarin beli di mbak Yanti Saleh ( temen di NCC ) enaaakkk. Sebenernya paling males bikin pempek, karena males ngulenin ikannya...jadi amis. Kemarin terpaksa, karena dibeliin ikan tenggiri, mau dimasak yang lain pasti banyak gak kemakannya dari pada bikinnya. Memang di rumah jarang masak ikan-ikanan bagitu , paling cuma digoreng aja.

Inget-inget resep waktu Latbar bikin pempek di rumah mba Yanti, udah lamaa banget. Ingetnya cuma resepnya 1:1:1 artinya 1 bagian ikan, 1 bagian tepung, 1 bagian air.

Resepnya copy dari blognya mba Camelia

PEMPEK
by. Heryanti Saleh

1 mangkok daging ikan tenggiri
1 mangkok air ( yeni 3/4 mangkok )
1 mangkok sagu tani
Garam ( yeni kemarin pakai 1 sdm garam )
1/2 sdm gula pasir ( resep aslinya gak pakai )

Caranya :

Cuci ikan lalu pisahkan ikan dengan duri dan kulitnya, kemudian haluskan ( yeni kemarin menghaluskannya pakai food processor ) hingga halus.

Dalam baskom, masukkan


aging ikan, tuang air. Aduk dan uleni dengan tangan hingga rata.

Masukkan garam, aduk dan uleni lagi hingga mengental.

Lalu tambahkankan sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk balik berlahan (jangan di remas maupun ditekan-tekan), hingga adonan tidak begitu lengket di tangan.

Rebus air dalam panci, bentuk pempek memanjang, rebus hingga mengapung.

Untuk pempek telur, buat adonan bulat memanjang, tekan dengan ibu jari hingga terbentuk lubang di tengahnya, agak tipiskan pinggiran lubang, masukkan dengan sendok telur yang telah kocok jangan terlalu penuh. Tekan pinggirannya agar tertutup. Langsung masukkan kedalam air mendidih. Rebus hingga mengapung.
Setelah di rebus, dinginkan sebentar, goreng sebelum disajikan.

Tidak ada komentar: